Perbuatanmu Sungguh Menakjubkan, Wahai Anas

Anas bin Malik selalu membagi waktu malamnya menjadi tiga bagian. Anas melakukan sholat malam pada sepertiga malam yang pertama, kemudian ia membangunkan istrinya agar sang istri mengerjakan sholat malam pada sepertiga malam yang kedua, lalu istrinya membangunkan anak perempuannya -yang merupakan anak satu-satunya- agar sang anak mengerjakan sholat malam pada sepertiga malam yang ketiga.

Para sahabat berkata, “Ketika sang istri wafat, Anas membagi waktu malamnya menjadi dua bagian, separuh untuk dirinya dan separuh yang lain untuk anak perempuannya. Ia mengerjakan shalat malam pada separuh malam yang pertama, sedangkan anak perempuannya itu mengerjakan sholat malam pada separuh malam lainnya. Kemudian ketika Anas wafat, anak perempuannya itu berusaha keras untuk mengerjakan shalat malam sepanjang malam.”

Sungguh kita adalah orang-orang yang miskin (jiwa). Dimanakah posisi rumah tangga kita, jika dibandingkan dengan rumah tangga yang penuh dengan keimanan itu? Perbuatanmu sungguh menakjubkan, wahai Anas. Ya Allah, jadikanlah rumah tangga kami seperti rumah tangga yang penuh dengan keimanan itu.

sumber : pks piyungan

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s