Delegasi AKP Turki Bertemu Ahmad Heryawan: “Terdepan Melayani Masyarakat itu Rahasia Kami”

BANDUNG — Delegasi dari Türkiye Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP) atau Partai Keadilan dan Pembangunan Turki, dijamu makan malam oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di Gedung Pakuan Bandung, Senin (27/2). Selain jamuan makan malam, acara juga diisi dengan diskusi dan dialog fokus tentang perjalanan AKP di Turki.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bidang Kepemudaan AKP, Adam Ali Yilmas mengatakan, kemenangan partainya hari ini merupakan bagian dari kebangkitan umat Islam di Turki. Cikal bakal kebangkitan ini sebenarnya sudah mulai tampak pada dekade 1990-an lalu, ketika Necmetin Erbakan dengan Partai Refah-nya berhasil memenangkan pemilu. Namun sayang, kudeta konstitusional pada 1997 akhirnya mengakhiri perjalanan Refah sebagai partai yang menyuarakan Islam.

Hari ini, kata Adam, AKP-lah yang melanjutkan perjuangan ini. Dia pun membeberkan resep kemenangan partainya di negara bekas Kesultanan Usmani tersebut. Menurut Adam, fokus melayani masyarakat menjadi kunci utama kesuksesan AKP dalam menguasai kursi di Parlemen Turki.

“AKP senantiasa berupaya menempatkan diri sebagai partai yang paling depan dalam melayani masyarakat. Kami pun selalu berusaha menjadi yang paling dekat dengan mereka,” kata Adam.

Strategi lain yang diterapkan AKP adalah berkosentrasi dalam merekrut kader-kader dari kalangan muda. Terutama, mereka yang berusia 25-35 tahun. AKP juga gigih memperkuat jaringannya dengan mendirikan kantor-kantor perwakilan hingga ke pelosok. Kantor-kantor tersebut, terang dia, berfungsi sebagai penampung aspirasi rakyat sekaligus pelaksana program partai hingga tingkat akar rumput.

Lebih lanjut Adam menjelaskan, sejak berdiri pada 2002, AKP berusaha menjalin hubungan dengan baik dengan masyarakat. Kebijakan yang diambil selalu prorakyat, walau bukan dalam bentuk memberi uang atau makanan. Pelayanannya tidak terfokus pada wilayah tertentu, namun tersebar di seluruh Turki. Bidang-bidang yang digarap partai ini pun dikatakan Adam menyentuh langsung ke masyarakat.

“Secara umum, AKP melakukan yang terbaik untuk melayani rakyat,” tutur dia.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menyatakan apresiasinya terhadap AKP dan Turki. Partai tersebut dikatakan Heryawan telah mampu membawa perubahan yang signifikan dalam memajukan Turki. Sepuluh tahun lalu, Turki terkenal dengan tingkat inflasi ekonominya yang tinggi. Hari ini, kata Heryawan, akselerasi pertumbuhan ekonomi negara itu sangat luar biasa. Bahkan Turki mampu bertahan di saat negara-negara Eropa dilanda krisis global.

“Sebagai Gubernur Jawa Barat, saya memandang kunjungan silaturahim dari jajaran AKP ini sebagai bentuk kehormatan.” ucap Heryawan.

AKP merupakan partai pemenang pemilu tiga kali berturut-turut di Turki. Partai ini dipimpin oleh Recep Tayyip Erdogan, yang saat ini juga menjabat Perdana Menteri Turki. Sebelum diterima gubernur di Gedung Pakuan, delegasi AKP juga mendatangi Gedung DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta pada Jumat (24/2) pekan lalu.

sumber : pks piyungan

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s