PKS Tentukan Capres Setelah Pemilu

Makassar—Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq menyatakan, hingga saat ini PKS belum menentukan siapa nama yang akan diusung untuk capres maupun cawapres dalam Piplres 2014 mendatang. Sejumlah nama yang disebut-sebut akan diajukan untuk kepemimpinan nasional mendatang sifatnya merupakan usulan dari kader-kader PKS dari daerah.

“Itu sifatnya usulan dari daerah-daerah. Kita belum memutuskan siapa yang akan kita ajukan,” kata Luthfi di sela-sela persiapan Pembukaan Rakornas PKS wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur di Makassar, Kamis (16/2).

Menurut Luthfi, apakah PKS akan mengajukan capres atau cawapres sangat tergantung pada hasil Pemilu legislatif 2014. PKS akan mengajukan capres sendiri jika hasil Pemilu legislatif perolehan suara PKS signifikan. Rapat Majelis Syuro, lanjut Luthfi, yang akan menentukan siapa calon yang akan diajukan PKS.

“Apakah calon dari internal atau dari luar PKS yang akan diajukan sangat bergantung pada perolehan suara PKS dalam Pemilu 2014. Rapat Majelis Syuro nanti yang menentukan siapa calon yang kita usung,” tegas Luthfi.

Ditanya apakah sudah ada calon yang digadang-gadang PKS, baik dari internal maupun eksternal, Luthfi hanya memberikan kriteria. Kriteria pemimpin yang akan diajukan PKS, terang Luthfi, harus memiliki kriteria religius, profesional, memiliki integritas yang tinggi, peduli pada masyarakat dan bangsanya, humanis, serta mampu menjadi perekat bangsa. Kriteria ini, imbuh Luthfi, tidak hanya berlaku untuk kepemimpinan di tingkat nasional, tetapi juga kepemimpinan di tingkat daerah.

Karena itu dalam pengajuan calon kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota kriteria tersebut harus diperhatikan oleh pengurus PKS di wilayah dan daerah Dalam Rapat Koordinasi Nasional yang diselenggarakan di sejumlah daerah, soal kriteria kepemimpinan ini menjadi salah satu bahasan.

“Selain untuk meningkatkan soliditas, kita ingin menjadikan ajang Rakornas ini sebagai sarana untuk menyamakan persepsi dengan pengurus-pengurus wilayah dan daerah mengenai beragam persoalan nasional, termasuk di dalamnya soal kepemimpinan nasional”, ujarnya.

Rakornas PKS di Makassar dihadiri oleh 600 pengurus PKS dari Sulawesi dan Indonesia Timur. Sejumlah 600 pengurus partai di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se Sulawesi dan Indonesia Timur hadir dalam Rakornas tersebut.

sumber : pk-sejahtera

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s