PKS Pertanyakan Pembelian Pesawat Kepresidenan

Salah satu Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Indra SH mempertanyakan pengadaan pesawat jenis 737-800 Boeing Bussiness Jet 2 Green Aircraft untuk pesawat kepresidenan.

Menurut Indra, keinginan presiden memiliki pesawat telah lama disampaikan dan disetujui anggota DPR periode 2004-2009. Namun Indra mempertanyakan ketidaktransparanan tender pengadaan pesawat.

“Pembelian pesawat yang tepatnya dikatakan pengadaan ini sebenarnya sudah lama diajukan dan dibayarkan oleh negara per tahap. Prototipe rangkanya saja sudah mulai dibuat dua tahun belakangan ini dan sekarang bangunannya sudah hampir selesai. Jadi sulit sekali untuk membatalkannya,” kata Indra dalam keterangan pers tertulis, Minggu (12/2/2012) malam.

Pemerintah diminta menjelaskan secara detil ke publik rincian proyek pengadaan pesawat mewah ini. Alasannya kondisi ekonomi masyarakat menjadi tanggung jawab yang harus diprioritaskan pemerintah dibanding menghabiskan anggaran untuk keperluan yang tidak mendesak.

Indra berharap publik secara jeli mencermati pembelian pesawat ini karena pemerintah telah melunasi biaya pembelian pesawat RI 1 buatan Boeing jenis Boeing Business Jet 2 Green Aircraft seharga US 91,2 juta setara Rp 850 miliar.

Rinciannya, sebesar US 58,6 juta untuk badan pesawat, US 27 juta interior kabin, US 4,5 juta sistem keamanan, dan US 1,1 juta untuk biaya administrasi.

“Coba teliti interiornya yang sangat besar dan biaya administrasi untuk apa saja? Itu yang harus dijelaskan. Jangan sampai ini menjadi lahan korupsi baru,” tegasnya.

Selain itu, anggota Komisi Hukum DPR ini meminta KPK dan PPATK ikut meneliti proses pengadaan pesawat. KPK menurutnya bisa melakukan supervisi proses tender.

“Karena saya yakin akan banyak sekali tangan-tangan ketiga yang bermain dan harus dilihat bagaimana permainannya oleh KPK. Terkait PPATK , melihat transaksi-transaksi aneh yang melaju kencang ke rekening pejabat mengenai pembelian pesawat,” imbuhnya.

sumber : pks piyungan

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s