Hujan, Tak Halangi Gubernur Lihat Kegiatan GPP

Kab. Solok – Hujan yang mengguyuri Kabupaten Solok, Minggu (5/2) kemarin tak menghalangi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melihat kegiatan kelompok pelaksana GPP.

Sedianya dalam kunjungan ke Nagari Koto Gaek, Kecamatan Gunuang Talang, Kabupaten Solok, Irwan Prayitno akan mengadakan pertemuan dengan masyarakat di lapangan bola kaki di nagari tersebut. Namun, ketika acara mulai berlangsung, hujan turun cukup deras yang membuat pertemuan bubar.

Hujan ternyata cukup lama. Tidak ingin membuang-buang waktu, meski hujan masih turun, Irwan bersama rombongan memanfaatkan waktu melihat peternakan sapi yang menjadi salah satu usaha yang dikembangkan dalam GPP. Lokasi usaha peternakan sapi tersebut sendiri tidak jauh dari lapangan bola kaki.

Dalam kesempatan ia langsung berdialog dengan salah seorang anggota kelompok tani Sinar Mas yang penerima bantuan sapi. Andi, nama petani menjelaskan usaha sapi yang mereka kelola. ‘Meski dikandangkan secara bersama-sama, sapi ini dipelihara oleh petani-petani miskin yang menjadi anggota kelompok,’ucapnya pada Gubernur.

Pertemuan dengan masyarakat sendiri dipindahkan ke sebuah mesjid di Nagari itu. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur kembali menegaskan bahwa pemerintah Sumbar hanya akan membantu masyarakat yang betul-betul serius dan mau meningkatkan ekonominya.

‘Kita berharap, kalau dibantu satu bisa menjadi sepuluh, jangan dibantu satu menjadi nol, kalau itu terjadi tidak akan kita bantu lagi,’tegasnya.

Dia menambahkan GPP adalah salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani di Sumbar. Upaya itu dilakukan dengan menambah jam kerja petani melalui penambahan usaha. ‘GPP adalah gerakan yang membutuhkan petani serius,’ucapnya.

Sementara itu Wali Nagari Koto Gaek menyebutkan kalau GPP adalah satu kegiatan yang dibantu pemerintah Sumbar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di nagari itu.

Beberap kegiatan yang telah dilakukan dalam GPP, katanya, adalah penangkaran benih padi sawah, khususnya varietas ceredek merah dan kuriak kusuik yang merupakan varietas unggul Kabupaten Solok. Selain itu ada kegiatan perikanan dimanan telah disebarkan benih sebanyak 5000 ekor, kegiatan peternakan yang mendapat bantuan 20 ekor sapi, dan pengembangan permodalan melalui LKMA.

Potensi nagari yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.501 jiwa dengan 671 KK cukup besar. Luas sawah 152 ha, kebun rakyat 540 ha, tegalan 906,1 ha, kolam. 4,5 ha, saluran irigas 1,4 ha.

Kunjungan Gubernur ke Nagari Koto Gaek ini juga didampingi Ketua Tim GPP Sumbar Ir. Djoni yang juga Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar.

sumber : situs pemprov sumbar

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s